Liputan Forum Nasional XIII Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI) Topik Kedua

“Transformasi Sistem Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Obesitas di Indonesia”

Pada tanggal 25 – 27 September 2023, Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI) bekerjasama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) menyelenggarakan Forum Nasional XIII Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI). Tema yang diangkat adalah ‘Peningkatan Kapasitas Daerah dalam Menjalankan Kebijakan Transformasi Sistem Kesehatan Nasional dan UU Kesehatan’. Informasi lengkap terkait Forum Nasional XIII JKKI dapat diakes pada website link https://fornas.kebijakankesehatanindonesia.net/.

Topik kedua Forum Nasional XIII JKKI adalah ‘Transformasi Sistem Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Obesitas di Indonesia’. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 25 September 2023 jam 13.00 – 15.30 WIB secara hybrid dengan bertempat di Auditorium Lt. 1 Gedung Tahir Lt. 1 FK-KMK UGM.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari bapak Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS selaku Ketua Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK), FK-KMK, Universitas Gadjah Mada. Beliau memaparkan bahwa isu gizi merupakan isu laten yang semakin kompleks. Permasalahan gizi di negara tidak hanya sekedar masalah kekurangan gizi, namun juga terkait ketersediaan pangan yang cukup, mudah diakses dan berkualitas. Permasalahan lain terkait gizi yang menjadi tantangan adalah isu obesitas yang semakin populer. Beliau juga menyampaikan sekilas terkait UU No.17 tahun 2023. Harapannya, setelah terbentuk undang-undang yang kuat dapat menciptakan ekosistem yang baik untuk penanggulangan obesitas. Negara perlu memiliki strategi nasional pencegahan dan pengendalian obesitas. Setelah mengikuti kegiatan webinar ini diharapkan dapat diketahui landscape program. Beliau juga berharap kedepan ada serial diskusi lain untuk menajamkan strategi untuk konteks gizi Indonesia.

Sambutan kedua disampaikan oleh ibu Alison Feeley, Ph.D dari Nutrition Specialist Regional Office UNICEF. UNICEF berkolaborasi dengan kementerian kesehatan dalam menanggulangi obesitas. Mengingat bahwa 1 dari 5 anak di dunia mengalami obesitas, dengan jumlah total lebih dari 340 juta anak obesitas di dunia. Beliau juga memaparkan masalah kesehatan yang dihadapi di Indonesia, yaitu 13 juta anak mengalami stunting dan 12 juta anak mengalami obesitas. Ditambah lagi permasalahan lain yaitu perubahan iklim dan konsumsi fast food. Anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan, promosi (TV, iklan di tempat anak-anak biasa bermain) yang selalu menawarkan makanan yang tidak sehat. Bahkan di lingkungan sekolah pun banyak yang dihadapi. Anak banyak mengalami resiko kekurangan gizi dan konsumsi makanan tidak sehat yang dapat merusak kesehatan. Perlu kita ingat bahwa anak memiliki hak untuk memperoleh gizi yang cukup serta lingkungan yang baik dan sehat. Anak-anak dengan obesitas adalah mandat global. Salah satu kebijakan UNICEF adalah mengurangi asupan makanan yang tidak sehat serta meningkatkan makanan sehat dan lingkungan yang sehat.

                Pada sesi pertama, kegiatan dimoderatori oleh ibu Tri Muhartini, MPA (peneliti di PKMK). Pembicara pertama sesi pertama, bapak Dr. dr. Mochammad Abdul Hakam, Sp.PD, FINASIM (Kepala Dinas Kesehatan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah) memaparkan ‘Pencegahan Obesitas dan Pengendalian PTM di Semarang’. Resume presentasi serta link materi dan video dapat diakses melalui link berikut.

Pembicara kedua dalam sesi pertama yaitu ibu Dr. Eva Susanti, S.Kp., M.Kes yang pada kesempatan ini mewakili Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS (Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan) mempresentasikan tentang ‘Situasi Masalah Obesitas di Indonesia dan Upaya Transformasi Sistem Kesehatan Tingkat Nasional’. Resume presentasi serta link materi dan video dapat diakses melalui link berikut.

Pembicara ketiga sesi pertama, Ibu Digna Niken Purwaningrum, MPH., Ph.D (Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi & Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK), FK-KMK, Universitas Gadjah Mada) menyampaikan ‘The Determinants of Obesity and Opportunities for Transformation in Indonesia’. Resume presentasi serta link materi dan video dapat diakses melalui link berikut.

 Sesi kedua kegiatan ini dimoderatori oleh ibu Astrid Citra Padmita, M.Sc (tim gizi UNICEF). Pembicara pertama sesi kedua, yaitu bapak David Colozza, Ph.D (Nutrition Section, UNICEF Indonesia) menjelaskan tentang ‘Obesity Prevention and Management Across The Lifecycle’. Resume presentasi serta link materi dan video dapat diakses melalui link berikut.

Dilanjutkan pembicara kedua sesi kedua, ibu Dr. Saipin  Chotivichien (Director of Bureau of Nutrition, Department of Health, Thailand), Beliau menyampaikan materi ‘Approaches to Obesity Prevention and Management Across the Life Cycle’. Resume presentasi serta link materi dan video dapat diakses melalui link berikut.

Pada sesi diskusi, ibu Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K); ibu dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH, Ph.D; dan ibu dr. Irma Sri Hidayati, M.Sc., Sp.A menyampaikan tanggapan atas materi yang disampaikan oleh para pembicara. Resume tanggapan dan link video dapat diakses melalui link berikut.

Ibu Dr.rer.nat.dr. B.J. Istiti Kandarina pada akhir kegiatan merangkum apa yang disampaikan oleh para pembicara, yaitu pertama bapak Abdul Hakam yang memberikan gambaran deteksi dan paparan obesitas; kedua ibu Eva yang menyampaikan terkait rapor merah kasus obesitas di Indonesia; ketiga ibu Digna yang memaparkan integrasi transformasi kesehatan, alokasi anggaran kesehatan, kontribusi psikologi, teknologi, deteksi mandiri dan monitoring evaluasi; keempat bapak David yang menyampaikan tentang dukungan kebijakan pemerintah, sistem pelayanan kesehatan, kebijakan nutrition specific dan nutrition sensitive; serta pembicara kelima ibu Saipin yang memaparkan regulasi yang dilakukan pemerintah Thailand dalam penanggulangan obesitas yang dapat kita ambil pelajaran (regulasi cukai, pembatasan iklan makanan dan minuman, ketersediaan healthy food choice, aktivitas fisik, kampanye nasional Khao Ta Jai, kebijakan pelabelan makanan, intervensi berbasis lokasi dengan pemberian makanan sehat, kebijakan di lingkungan sekolah, dan monitoring  pertumbuhan).

Video kegiatan Forum Nasional XIII Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI) topik kedua dapat diakses di youtube dengan link berikut: video

Leave a comment

Dampak Covid