Buku Resep Makanan Makan Lokal Bayi, Balita, dan Ibu Hamil Kemenkes 2023

Kemenkes pada tahun 2023 kembali meluncurkan buku ‘Resep Makanan Lokal Balita’. Mengingat semakin hangatnya diangkat topik mengenai pangan lokal dalam upaya perbaikan gizi balita maupun ibu hamil. Pada tahun sebelumnya (2022), kemenkes meluncurkan buku serupa yang berjudul ‘Resep Makanan Lokal Balita dan Ibu Hamil’.

Dari segi tampilan, isi dan penyampaian buku ini lebih menarik dibandingkan buku tahun sebelumnya. Buku ini sangat menekankan pentingnya kehadiran protein hewani pada setiap piring makan. Buku terbagi dalam beberapa kategori, antara lain:

  1. Persiapan sebelum menyiapkan makan
  2. Prinsip pemberian MP-ASI
  3. Tabel pemberian makan pada bayi dan anak

    Kebutuhan kalori, konsistensi/tekstur, frekuensi, jumlah tiap makan dijabarkan berdasar usia (6-8 bulan, 9-11 bulan, 12-23 bulan).

  4. Kebutuhan MP-ASI usia 6-8 bulan

    Penulis memaparkan porsi, cara pembuatan, frekuensi pemberian MP-ASI bagi anak usia 6-8 bulan dalam satu halaman infografis yang menarik dan mudah untuk dipahami. Di halaman berikutnya, penulis memaparkan resep MP-ASI dengan rincian detail bahan (dalam bentuk tulisan dan gambar), ukuran, bumbu, cara pembuatan, kalori, persen pemenuhan harian, 

  5. Kebutuhan MP-ASI usia 9-11 bulan

    Detail penjabaran pada bab ini serupa dengan detail penjabaran pada bab resep MP-ASI usia 6-8 bulan namun sudah disesuaikan dengan usia 9-11 bulan.

  6. Kebutuhan MP-ASI usia 12-23 bulan

    Dengan pola yang sama dengan usia sebelumnya, resep MP-ASI usia 12-23 bulan dijabarkan dengan menarik. 

  7. Kebutuhan Gizi Usia 2-5 tahun

    Hampir sama dengan penjabaran MP-ASI, pada halaman pertama terdapat infografis detail tentang kebutuhan gizi anak 2-5 tahun, prinsip makanan anak, dan pemberian makanan anak.

  8. Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

    Pada bagian awal, penulis memaparkan apa saja kebutuhan gizi ibu hamil dari kelompok bahan makanan dalam bentuk infografis yang sangat informatif. Ditambahkan juga terkait pentingnya variasi makanan, porsi kecil dan sering, pemberian tablet tambah darah dan pemenuhan air putih.

Buku ini memberikan tampilan baru yang inovatif dan menarik bagi pembaca, sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan. 

Download buku Resep Makanan Makan Lokal Bayi, Balita, dan Ibu Hamil Kemenkes 2023 di sini.

Penulis : Lisa Rosyida, S.Gz, RD

Editor : Digna Niken Purwaningrum, S.Gz., MPH, Ph.D

Sumber :

https://ayosehat.kemkes.go.id/buku-resep-makanan-lokal https://ayosehat.kemkes.go.id/pub/files/d8a32723535961f3f2a6e44f0f8ba915.pdf

Leave a comment

Dampak Covid