Review Buku – Resep Makanan Lokal Balita dan Ibu Hamil Kemenkes 2022

Bahan makanan lokal saat ini kembali diangkat sebagai sarana dalam penanggulangan masalah gizi. Sebelumnya, sempat ramai bahasan terkait pemberian makanan tambahan balita dan ibu hamil dalam bentuk biskuit. Pada tahun 2024 ini, peringatan Hari Gizi Nasional juga mengangkat topik “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting“ mengingat pentingnya pemberian makanan bagi anak.

Pada artikel ini, kita akan mereview buku yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 yang berjudul ” Resep Makanan Lokal Balita dan Ibu Hamil”.

Buku ini terbagi dalam dua kategori, yaitu:

  1. Resep makanan lokal untuk balita

    Pada bagian ini dipaparkan standar emas pemberian makan bayi dan anak (PMBA), prinsip dasar pemberian MP ASI, kebutuhan gizi anak (kalori, konsistensi/tekstur, frekuensi, jumlah tiap makan) berdasar usia, daftar menu dan resep makanan bagi balita (bahan, bumbu, cara membuat, kalori dan foto makanan).

  2. Resep makanan lokal untuk ibu hamil

    Terdapat pemaparan kebutuhan gizi ibu hamil, tabel anjuran makan sehari ibu hamil (dibagi berdasarkan trimester), contoh pembagian menu ibu hamil dalam sehari, daftar menu dan resep makanan bagi ibu hamil (bahan, bumbu, cara membuat, kalori dan foto makanan).

Buku bisa didownload disini.

Penulis : Lisa Rosyida, S.Gz, RD

Editor : Digna Niken Purwaningrum, S.Gz., MPH, Ph.D

Sumber:

https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/Buku_Resep_Makanan_Lokal_Balita_dan_Ibu_Hamil.pdf

Leave a comment

Dampak Covid