Hari Gizi Nasional 2024

Hari Gizi Nasional 2024

“MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”

Setiap tanggal 25 Januari Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN). Tahun ini merupakan peringatan HGN ke-64. Pada setiap tahunnya, kegiatan yang dilakukan berbeda-beda di setiap daerah. Ahli gizi dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cara masing-masing untuk memeriahkan dan mendukung tercapainya tema yang digaungkan.

Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting“ bila berat badan tidak naik segera periksa ke dokter di puskesmas. Kemudian, untuk slogan yang dipakai adalah “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”.

Pelaksanaan kegiatan peringatan HGN ke-64 dimulai dari pertengahan Januari hingga Februari 2024 di seluruh Indonesia.

Tema terkait stunting masih menjadi isu hangat di bidang kesehatan anak. Terlebih ketika kita mengingat bahwa tahun 2024 ditargetkan terjadi penurunan angka stunting hingga 14%. Sementara, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 21,6%.

Meski sebenarnya stunting dipengaruhi oleha banyak faktor sejak bayi masih dalam kandungan, namun perlu adanya prioritas dalam memilih sasaran utama program penanggulangan. Pada tahun 2024 ini, fokus sasaran dalam penanggulangan stunting yang dipilih adalah usia anak mendapatkan MP-ASI.

Pilihan kelompok sasaran ini didasari oleh hasil survei yang memprihatinkan, yaitu risiko terjadinya stunting meningkat sebesar 1,6 kali dari kelompok umur 6-11 bulan ke kelompok umur 12-23 bulan (13,7% ke 22,4%).

Hal ini menunjukkan urgensi karena tampak ‘kegagalan’ dalam pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) sejak usia 6 bulan di masyarakat. Masyarakat masih memerlukan pemahaman ekstra terkait pemberian MP-ASI baik dari segi kesesuaian umur, frekuensi, jumlah, tekstur dan variasi makanan. Penting sekali kemampuan orang tua dalam memberikan pemenuhan kecukupan energi dan protein pada anak untuk mencegah terjadinya stunting.

Harapan kedepan adalah anak usia 6-24 bulan mendapatkan MP-ASI yang memenuhi syarat, diantaranya tepat waktu, adekuat, kaya protein hewani, aman dan diberikan dengan cara yang benar.

Masyarakat untuk selanjutnya diharapkan dapat memberikan protein hewani secara adekuat pada setiap kali makan MP-ASI. HGN tahun ini juga mengingatkan kembali pada para orang tua bahwa anak harus dipantau pertumbuhannya setiap bulan. Edukasi bagi anak dengan berat badan anak tidak naik juga semakin digemborkan agar segera dibawa periksa ke dokter di puskesmas.

Sasaran rangkaian kegiatan ini adalah tingkat pusat hingga ke tingkat masyarakat dengan melibatkan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan Pusat antara lain:

  1. Temu Media
  2. Talkshow di Radio Kesehatan
  3. Lomba Video Masak MP-ASI
  4. Webinar series
  5. Puncak HGN

Sumber bacaan :

Panduan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024 Kementerian Kesehatan RI

Penulis : Lisa Rosyida, S.Gz, RD

Editor : Digna Niken Purwaningrum, S.Gz., MPH, Ph.D

Leave a comment

Dampak Covid