Pedoman Pemberian MP-ASI WHO Terbaru

WHO baru saja mengeluarkan pedoman baru pemberian MP-ASI anak usia 6-23 bulan pada 2023 lalu. Judul pedomannya adalah ‘WHO Guideline for complementary feeding of infants and young children 6-23 months of age’. Pedoman ini merupakan acuan yang dapat dipakai oleh berbagai negara dalam membuat pedoman MP ASI yang tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi di setiap negara.

Target sasaran dari buku ini sangat luas, diantaranya pembuat kebijakan, pelaksana teknis dan program di lembaga organisasi pemerintah, lembaga akademis dan penelitian, profesional pelayanan kesehatan (ahli gizi, dokter, perawat, dan tenaga kesehatan terkait), serta lembaga pelatihan. Bagi pelaksana teknis dan program buku ini memiliki peran dalam perencanaan, implementasi dan perluasan program pemberian makanan bayi dan anak.

Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pemenuhan gizi anak usia 6-23 bulan dimana ASI saja sudah tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Sehingga kedepan terbentuk pola makan dan minum yang sehat dalam jangka panjang bagi anak. Outcome dari pemberian makan yang baik dan benar adalah mencegah growth faltering dan defisiensi gizi.

Buku ini disusun oleh Guidelines Review Committee, Nutrition and Food Safety (NFS) dengan editor World Health Organization. Terdapat 95 halaman dari buku yang terdiri dari:

  1. Executive summary
  2. Introduction and scope
  3. Development and methodology
  4. Recommendations
  5. Continued breastfeeding
  6. Milks for children fed milks other than breast milk
  7. Age of introduction of complementary foods
  8. Dietary diversity
  9. Unhealthy foods and beverages
  10. Nutrient supplements and fortified food products
  11. Responsive feeding
  12. Research gaps
  13. Dissemination and plans for future updates

Download buku pedoman MP-ASI dari WHO tahun 2023 disini.

Penulis : Lisa Rosyida, S.Gz, RD

Editor : Digna Niken Purwaningrum, S.Gz., MPH, Ph.D

Sumber:

https://www.who.int/publications/i/item/9789240081864

Leave a comment

Dampak Covid