Peran School Food Environment dalam Membentuk Pola Makan Anak

School food environment atau lingkungan makan sekolah merupakan hal fundamental dalam penyediaan makanan sehat di sekolah. Hal ini mengacu pada semua ruang, infrastruktur, kondisi di dalam dan sekitar lingkungan sekolah (dimana makanan tersedia, diperoleh, dibeli dan/atau dikonsumsi), kandungan gizi makanan, informasi yang tersedia, cara promosi, harga makanan dan produk makanan.

Ketersediaan makanan pada school food environment tidak terbatas hanya pada makanan yang disediakan dari sekolah, namun juga dari kantin, kios, penjual makanan di lingkungan sekolah, mesin otomatis penjual makanan yang berada di lingkungan sekolah.

School food environment memegang peranan yang sangat besar pada perilaku makan anak. Hal ini dikarenakan lingkungan sekolah akan membentuk makanan tertentu yang mudah diakses, terjangkau, diinginkan dan nyaman. Lingkungan makan sekolah yang sehat akan memberikan pilihan makanan yang lebih sehat, berkualitas dan cukup bagi siswa. Pendidikan pangan dan gizi juga akan mendukung pilihan dan praktik pangan yang lebih baik di kalangan komunitas sekolah. Anak-anak akan mengupayakan yang terbaik ketika memiliki role model serta ketika ketersediaan makanan di lingkungan sekolah sesuai dengan pesan yang disampaikan dalam pendidikan gizi yang disampaikan.

Perlu adanya kebijakan untuk pengembangan kapasitas dan partisipasi yang melibatkan banyak pihak dalam mewujudkan school food environment yang sehat (anak-anak, keluarga, guru, staf sekolah, pedagang, staf layanan makanan, masyarakat sipil, pendidikan, kesehatan sekolah, staf pemerintah dan pertanian lokal, perlindungan sosial).

Beberapa komponen penting dalam mewujudkan school food environment yang sehat antara lain:

  1. Standar tinggi pada program makan sekolah
  2. Pembatasan penjualan junk food dan minuman berpemanis di sekolah
  3. Pembatasan pemasaran produk makanan dan minuman tidak sehat di area halaman sekolah
  4. Pembatasan pemasaran dan penjualan produk makanan dan minuman tidak sehat di dekat sekolah
  5. Peningkatan akses alternatif makanan sehat.

Penulis : Lisa Rosyida, S.Gz, RD

Editor : Digna Niken Purwaningrum, S.Gz., MPH, Ph.D

Sumber bacaan:

https://www.fao.org/school-food/areas-work/food-environment/en/

https://www.fao.org/school-food/news/detail-events/ru/c/1600157/

https://eohu.ca/en/my-community/creating-a-positive-food-environment-in-schools

https://www.globalfoodresearchprogram.org/wp-content/uploads/2018/09/School_FactSheet_Overview.pdf

Leave a comment

Dampak Covid