Buku Pegangan Kader Posyandu Kunjungan Rumah dan Checklist Kunjungan Rumah

Gambar 1. Cover Buku Pegangan Kader Posyandu Kunjungan Rumah dan Checklist Kunjungan Rumah

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI menerbitkan buku bagi kader Posyandu yang berjudul ‘Buku Pegangan Kader Posyandu Kunjungan Rumah’.

Tujuan penulisan buku ini adalah memberikan acuan bagi tenaga kesehatan puskesmas dan kader posyandu dalam melakukan kunjungan rumah bagi seluruh sasaran yang masuk dalam area wilayah kerjanya.

Buku ini adalah bagian dari panduan pengelolaan posyandu bidang kesehatan yang berisikan alur pelaksanaan kunjungan rumah, dilengkapi instrumen checklist sesuai kelompok sasaran siklus kehidupan untuk mempermudah pendataan anggota keluarga dan menemukan faktor risiko kesehatan.

Buku ini terbagi dalam tiga bab dengan penjelasan yang cukup singkat, yang terdiri dari gambaran umum, pelaksanaan kunjungan rumah dan pelaporan.

Kunjungan Rumah dikelola bersama oleh kader bersama dengan tenaga kesehatan di Pustu. Kegiatan ini memiliki tujuan memantau seluruh sasaran wilayah kerja, menggerakkan masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar dan meningkatkan perilaku kesehatan.

Buku dapat diakses pada link berikut.

Kartu kunjungan rumah dapat diakses pada link berikut.

Formulir kunjungan kader dapat diakses pada link berikut.

Leave a comment

Dampak Covid