Inspirasi Resep Makanan Lokal Balita dan Ibu Hamil

Untuk membentuk anak yang sehat dan berkualitas, penting sekali untuk memperhatikan kecukupan gizi sejak masa konsepsi. Setiap fase kehidupan manusia memegang peranan penting dalam membentuk tubuh yang sehat. Terdapat empat gold standar dalam standar pemberian makan bagi anak, yaitu :

  1. Inisiasi menyusui dini (IMD) pada bayi baru lahir.
  2. Pemberian ASI eksklusif sejak lahir sampai bayi usia 6 bulan.
  3. Pemberian makanan pendamping ASI (MP ASI) mulai usia 6 bulan.
  4. Melanjutkan pemberian ASI sampai anak berusia 2 tahun atau lebih.

Pada prosesnya, mempersiapkan makan bagi anak tentunya bukan perkara mudah. Ada beberapa prinsip dasar MP ASI yang harus dipenuhi, diantaranya tepat waktu(usia anak sudah memasuki 6 bulan), adekuat (memperhatikan jumlah, frekuensi, konsistensi/tekstur, variasi makanan sesuai dengan kebutuhan), aman (higienis), diberikan dengan cara yang benar (terjadwal, lingkungan kondusif, porsi kecil, menstimulasi bayi bisa makan sendiri, membersihkan mulut).

Kelompok rentan lain yang membutuhkan perhatian pengaturan makan yang terpenuhi dengan baik adalah ibu hamil. Ibu Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2022 telah menerbitkan buku resep yang dapat membantu ibu balita dan ibu hamil untuk mempersiapkan menu sehat di rumah dengan bahan makanan lokal. Buku dapat diakses pada link : https://kesmas.kemkes.go.id/konten/105/0/buku-resep-makanan-lokal-balita-dan-ibu-hamil.

 

Leave a comment

Dampak Covid