Reportase Pembukaan

 “e-Monev Pelaksanaan Intervensi Spesifik dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Masa Pandemi COVID-19”

Yogyakarta, 20 Oktober 2020

Pada Selasa (20/10/2020) dilaksanakan pembukaan e-Monev Pelaksanaan Intervensi Spesifik dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Masa Pandemi COVID-19 dilakukan melalui zoom meeting pukul 08.30 – 10.45 WIB dari Yogyakarta. Acara dihadiri oleh Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, perguruan tinggi mitra dan 260 dinas kesehatan kabupaten/kota. Narasumber kegiatan ini antara lain Dr. RR. Dhian Probhoyekti, SKM, MA (Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI), Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD (Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan UGM), dan Prof. Dr. dr. Masrul, M.Sc, SpGK (Universitas Andalas). Pertemuan ini merupakan acara perdana untuk mengenalkan kegiatan e-monev sebagai suatu inovasi program monitoring dan evaluasi pelaksanaan intervensi gizi dalam percepatan penurunan stunting karena semua kegiatan dilakukan secara daring.  Kegiatan ini merupakan kerja sama UGM, Direktorat Gizi Masyarakat Kemenkes dan sejumlah perguruan tinggi yang menjadi mitra.

Dr. RR. Dhian Probhoyekti, SKM, MA menyatakan bahwa pandemi COVID-19 telah mempengaruhi pelayanan kesehatan di puskesmas. Berbagai upaya inovasi pelayanan gizi sudah dilaksanakan, tetapi perlu dilakukan kegiatan yang terkoordinasi dan daerah – spesifik, sehingga upaya mitigasi terhadap dampak pandemi COVID-19 tepat sesuai dengan kebutuhan daerah. Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD menjelaskan kegiatan e-monev, yaitu kegiatan monitoring evaluasi secara daring dengan sasaran 260 lokus stunting seluruh Indonesia untuk menganalisis dampak pandemi COVID-19 terhadap pelayanan gizi khususnya dalam intervensi gizi percepatan penanganan stunting. Terdapat fase pelatihan dan pelaksanaan yang membutuhkan kerjasama dari dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota serta perguruan tinggi mitra. Prof. Dr. dr. Masrul, M.Sc, SpGK juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bukanlah penelitian, melainkan kegiatan manajerial untuk menganalisis situasi pelayanan gizi berfokus pada penanganan stunting selama pandemi COVID-19.

Selama proses e-monev akan dilakukan pengumpulan data kuantitatif dari e-gizi (e-PPGBM atau SIGIZI Terpadu) dan data kualitatif yang digali oleh pemegang program serta data gizi dinas kabupaten/kota. Perguruan tinggi mitra akan mendampingi dinas kesehatan dalam pengumpulan data, analisis, pembentukan policy brief dan rekomendasi inovasi dari program gizi yang diperlukan selama pandemi COVID-19. Selama kegiatan juga akan ada pelatihan – pelatihan untuk melatih berbagai pihak yang terlibat untuk memudahkan pengumpulan dan analisis data untuk e-monev.

Link

https://pkmk-ugm.shinyapps.io/PulihCovidGizi/_w_3e0cbfb0/_w_6a8643bf/

https://jpg-indonesia.net/upaya-perbaikan-gizi-masyarakat-dalam-rangka-pemulihan-pelayanan-gizi-dari-dampak-pandemi-covid-19/

Leave a comment

Dampak Covid