Perhatian Asupan Gizi pada Tenaga Kesehatan

Kesehatan tenaga kesehatan (nakes) terkadang luput dari perhatian. Selama ini, perhatian akan kesehatan lebih banyak tercurah pada pasien. Padahal, nakes merupakan golongan yang sangat rentan terinfeksi penyakit. Salah satu permasalahan yang selama ini jarang tersentuh adalah asupan gizi bagi nakes.

Riset mengenai pola makan pada tenaga kesehatan pernah dilakukan di Rumah Sakit King Abdul Aziz Medical City. Riset ini melibatkan beberapa profesi tenaga kesehatan, baik shift maupun non shit. Hasil menunjukkan bahwa responden memiliki pola makan tidak sehat. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Makan tidak teratur dan tepat waktu
  2. Tingginya asupan gula dari makanan
  3. Tingginya asupan gula dari minuman (kopi, teh)
  4. Rendahnya asupan sayur dan buah
  5. Makan berlebih (binge eating) saat pulang bekerja
  6. Tingginya angka overweight dan obesitas (>50%)

Pola makan yang tidak sehat disebabkan oleh kurangnya menu diet sehat, beban kerja yang tinggi, kurangnya waktu istirahat, budaya, dan ketidaktersediaan makanan sehat di rumah sakit. Dalam jangka waktu yang pendek, pola makan tidak sehat berpengaruh pada penurunan performa kerja. Efek jangka panjang adalah resiko penyakit tidak menular/penyakit kronis, seperti gangguan metabolik, diabetes tipe 2, gangguan vaskular, dan obesitas.

Ada sedikit kabar baik bagi nakes akhir-akhir ini pada situasi pandemi. Perhatian terhadap nakes, baik dari pemerintah, institusi, maupun masyarakat luas mengalami peningkatan. Dalam momen ini, perhatian kepada nakes dapat dicurahkan dengan memberikan dukungan materi maupun non materi. Dukungan non materi dapat berupa edukasi makan sehat, penyediaan waktu istirahat yang cukup, dan evaluasi beban kerja. Dukungan materi dapat berupa penyediaan fasilitas catering makan sehat yang lebih baik, atau penyediaan makanan sehat khusus bagi nakes.

Akhir-akhir ini juga cukup banyak donasi untuk rumah sakit dari masyarakat. Ini merupakan pertanda baik. Namun, perlu dilakukan pengendalian jenis, jumlah dan handling yang tepat, agar makanan yang sampai pada nakes adalah makanan yang sehat dan aman. Perlu adanya peran dan kerjasama dari berbagai pihak untuk mengatasi permasalahan ini.

Leave a comment

Dampak Covid