Buku Panduan Keterampilan Dasar Kader Bidang Kesehatan

Gambar 1. Cover Buku Panduan Keterampilan Dasar Kader Bidang Kesehatan 

Posyandu adalah lembaga yang mendukung Puskesmas untuk mendekatkan pada masyarakat pada akses layanan kesehatan dasar. Melihat besarnya peran posyandu berarti menunjukkan betapa pentingnya peran kader posyandu dalam pelaksanaanya. Untuk meningkatkan kualitas kader, dilakukan pembinaan kader. Pembinaan dimulai dengan peningkatan kapasitas kader posyandu untuk memiliki 25 keterampilan dasar bidang kesehatan, pemberian tanda kecakapan kader (purwa, madya, utama), dan apresiasi bagi pemenang lomba kader dan posyandu berprestasi bidang kesehatan. 

Untuk memfasilitasi kader dalam pengelolaan posyandu, Kemenkes RI menerbitkan buku yang berjudul ‘Buku Panduan Keterampilan Dasar Kader Bidang Kesehatan’. Buku dapat  diakes pada link berikut. Tujuan penulisan buku ini adalah sebagai bahan pendukung dalam pelatihan bagi kader Posyandu sesuai acuan panduan pengelolaan posyandu dan kurikulum modul keterampilan dasar bagi kader posyandu.

Harapan hadirnya buku ini adalah membantu fasilitator puskesmas, organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi dan kabupaten/kota, balai pelatihan kesehatan, dan politeknik kesehatan sebagai bahan ajar, serta menjadi materi pembelajaran mandiri bagi kader posyandu.

Dalam 114 halaman buku ini secara detail tertulis bagaimana keterampilan dasar kader yang perlu dikuasai sesuai siklus kehidupan dilengkapi materi kesehatan yang perlu dipahami kader. Pembahasan buku ini terbagi dalam:

  1. Keterampilan Pengelolaan Posyandu
  2. Keterampilan Bayi dan Balita
  3. Keterampilan Ibu Hamil dan Menyusui
  4. Keterampilan Usia Sekolah dan Remaja
  5. Keterampilan Usia Dewasa dan
  6. Lanjut Usia 

Bulan lalu juga telah telah terselenggara webinar ‘Kader Posyandu Peduli Wasting’ yang diselenggarakan oleh PKMK FK-KMK UGM kerjasama dengan UNICEF. Liputan webinar dapat diakses di link berikut.

Leave a comment

Dampak Covid